Beranda > ArtikeL > Naikin Frame Buffer

Naikin Frame Buffer

Kemarin saya membeli memory DDR V-gen PC3200 1 Gb buat nambahin memory sebelumnya 256 MB PC2700 + 256 MB PC3200 kira-kira jadi 512 MB. Trus karena Vram nya Share 64 MB (Mobo ASUS P5RD1-VM RadeonX200) sisanya hanya tinggal 448 MB. Dulu sih mumpuni, tapi sekarang terkesan berat karena Chipset ATI radeon x200 (add onnya ATI radeon x300) Buffer Frame nya saya naikin jadi 128 MB. Kontan memory hanya sisa 348 MB. Mobo saya hanya punya dua buah Slot DDR. Untuk memasang satu papan memori maka saya harus melepas satu papan juga (yang PC nya lebih kecil). Kemudian saya menyalakan komputer. Timbul masalah pada OS yang mengatakan “no display driver” dan memori menjadi 1,2 GB (frame buffer turun kembali menjadi 64MB). Lalu saya install chipset driver dan saya update dengan ATI Catalyst 8.12 ternyata berhasil. Invlasi mata uang membuat saya harus bersabar untuk memiliki ATI radeon HD4670, dengan kata lain saya kembali menaikkan memory Vram menjadi 128MB. Dengan perhitungan kasar kita tahu memori menjadi 1 GB + 128MB kira-kira 1,18 GB. Komputer kembali saya nyalakan, dan lagi; saya disapa oleh dialog box “no display driver” (lengkapnya saya lupa). Dengan kesal saya kembali install drivernya. Bukannya berhasil malah keluar pesan “your driver not support to this hardware” (lengkapnya juga saya lupa) dan membuat saya garuk kepala. Kemudian muncul ide untuk menggunakan hanya 1 papan memori DDR 1GB. Kemudian komputer saya nyalakan kembali untuk ketigakalinya. Saya terdiam karena booting berjalan lancar hingga tampilan OS keluar. Saya bugpu2ka propertisnya dan melihat Ram hanya 896 MB. Saya juga lihat di dxdiag terlihar besar memori Vram 128 MB atas driver ATI (terdeteksi). Ternyata tidak ada masalah sama sekali. Dan saya sangat lega.

Kesimpulan saya mobo ini hanya mampu menggunakan Ram 1GB (atau lebih kecil) untuk sharing dengan Vram 128 MB. Kecuali jika Vram hanya 64 MB mobo ini mampu menggunakan Ram hingga 2GB. Atau anda punya pendapat lain???

link download techpowerup

Kategori:ArtikeL
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

